WHAT'S NEW?

Macam-macam Gaya Belajar Siswa yang Perlu Guru Ketahui



Random Post
    Istilah "gaya belajar" didalamnya kita akan berbicara berkenaan dengan pemahaman bahwa setiap siswa memliki cara belajar yang berbeda. Secara teknis, gaya belajar individu mengacu pada cara bagaimana siswa menyerap, memproses, memahami dan mempertahankan informasi yang dipelajari. Misalnya, ketika siswa dituntut untuk belajar bagaimana merakit sebuah mobil mainan, beberapa siswa akan memahami step by stepnya hanya dengan mengikuti instruksi lisan yang diberikan, sementara yang lainnya harus secara mandiri melakukan praktik dan  memanipulasi mobil mainan sendiri dan akhirnya baru faham.  


    Gagasan gaya belajar secara individu ini telah memperoleh pengakuan luas dalam teori pendidikan dan strategi pengelolaan kelas. Gaya belajar individu tergantung pada faktor kognitif, emosional dan lingkungan, serta pengalaman seseorang sebelumnya. Dengan kata lain: setiap orang berbeda. Hal ini penting bagi pendidik untuk memahami perbedaan gaya belajar siswa mereka, sehingga mereka dapat menerapkan strategi praktik terbaik dalam kegiatan belajar dan penilaian mereka.

    Memahami Macam-macam Gaya Belajar (VARK)

    Salah satu hal yang perlu diketahui berkenaan gaya belajar adalah bahwa gaya belajar siswa terbagi menjadi tiga kategori yaitu gaya belajar Visual, Audio dan Kinestetik. Gaya belajar ini akan ditemukan pada model pembelajaran VARK yang dikembangkan oleh Neil Fleming. VARK adalah singkatan yang mengacu pada empat jenis gaya belajar: Visual, Auditory, Reading/writing preferensial dan Kinestetik. (Model VARK juga disebut sebagai model VAK, menghilangkan tulisan Reading/reading preferensial sebagai kategori pembelajaran preferensial.) Model VARK menyatakan bahwa siswa memiliki pendekatan yang berbeda tentang bagaimana mereka memproses informasi, atau dikenal dengan "mode pembelajaran disukai."

    Mengidentifikasi gaya belajar siswa apakah termasuk visual, auditori, reading/writing atau kinestetik, kemudian menyelaraskannya dengan kurikulum Anda secara keseluruhan, terbukti bermanfaat untuk seluruh pembelajaran anda. Memungkinkan siswa untuk mengakses informasi secara nyaman dan akan meningkatkan kepercayaan diri akademik mereka.

    Gaya Belajar
    Dengan memahami jenis siswa, Anda sekarang dapat memperoleh perspektif yang lebih baik tentang bagaimana menerapkan gaya belajar ini ke dalam rencana pembelajaran anda.

    SWOT Strategi

    Disebut sebagai SWOT ("Studi Tanpa Air mata"), Fleming memberikan nasihat tentang bagaimana siswa dapat memanfaatkan modal gaya belajar dan keterampilan yang dimilikinya untuk keuntungan mereka sendiri ketika mereka tengah belajar dalam rangka menghadapi tes yang akan dihadapinya. Nah dibawah adalah hal yang bisa dilakukan siswa ketika mereka sudah mengetahui jenis gaya belajarnya:

    Strategi SWOT Visual

    • Memanfaatkan grafis seperti bagan, grafik dan diagram. 
    • Gambar ulang halaman anda dari ingatan.
    • Ganti kata-kata penting dengan simbol atau inisial. 
    • Sorot istilah kunci penting dalam warna yang sesuai.

    Strategi SWOT Aural 

    • Rekam catatan yang anda ringkas dan dengarkan kembali melalui tape. 
    • Membicarakannya. Berdiskusi dengan orang lain untuk memperluas pemahaman Anda tentang topik. 
    • Baca ulang catatan Anda. 
    • Jelaskan catatan Anda ke teman-teman Anda / sesama "aural" learners.

    Strategi SWOT Read/Write

    • Tulis dan tulis ulang catatan
    • Menulis ulang ide-ide utama dan prinsipnya untuk memperdalam materi
    • Ubah gambar grafik atau diagram kedalam sebuah kalimat pernyataan

     Strategi SWOT Kinestetik

    • Gunakan contoh kehidupan nyata, aplikasi dan studi kasus dalam ringkasan Anda untuk membantu dengan konsep-konsep abstrak. 
    • Mengulang percobaan laboratorium atau proyek. 
    • Memanfaatkan gambar dan foto-foto yang menggambarkan ide Anda.   


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika